Jumat, 19 Desember 2014



SEJARAH NAVIGASI



TUJUAN MAKALAH :
·       MENGETAHUI SEJARAH NAVIGASI ATAU NAVIGATION

·       SEJARAH NAVIGASI DARI ZAMAN DAHULU SAMPAI SEKARANG



































SEJARAH NAVIGASI
Navigasi erat hubungan nya dengan arah dan berpergian.Pada jaman dahulu, orang orang banyak menggunakan Navigasi alam pada saat berpergian agar tidak tersesat dalam perjalanan nya dan dapat menemukan jalan kembali ke titik asal.navigasi alam bisa merupakan gugusan bintang, gunung, pohon, sungai, mata angin, dan lain sebagainya.
Seorang pelaut selalu menggunakan teknik navigasi perbintangan pada jaman dahulu untuk mengetahui arah mana dan posisi mereka saat berlayar di lautan luas tanpa batas.

       Kemudian, hadirnya metode metode ilmiah yang berkembang dari kebudayaan tertinggi di India dan Mesir sekitar 4.000 tahun sebelum masehi, dengan bantuan metode ini, pedagang, peneliti, dan bahkan penjajah dapat mencapai sebuah tujuan tertentu dimuka bumi ini dengan pasti tanpa harus melihat titik titik orientasi.
Untuk mengkalkulasi rute, awalnya digunakan trik dan beberapa satuan ukur seperti arah angin atau kedalaman.

       Pada awal zaman modern sistem navigasi kemudian di kembangkan kembali dengan Astrolobe dan Jacob staff (tongkat jacob), sebuah alat untuk menentukan sudut langit, orang orang Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris dan Prancis dapat menjelajah dunia pada abad ke 15 hanya dengan memperkirakan sudut Longitude. Pada abad ke 18, navigasi berkembang lebih akurat dengan penemuan Sextant dan pengembangan teknologi Chronometer.
Mulai abad ke 20 muncul lah radio navigasi yang dapat menentukan posisi seseorang berdasarkan lokasi dari berbagai stasiun radio, dan hingga sekarang perangkat GPS sudah hadir dalam genggaman dalam paket sebuah Telepon cellular.

       Nah. untuk jelasnya, navigasi seperti yang akan  jabarkan di bawah ini:

A. Tahun 4.000 sebelum masehi, Navigasi pertama kali dikembangkan di India dan Mesir, petunjuk petunjuk yang menonjol dan garis garis pantai di kombinasikan dengan parameter lain, seperti arus, kedalaman angin, kecepatan, dan posisi matahari.

http://4.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLraYOW6fI/AAAAAAAABTU/LWEH5pWUFlM/s280/navigation.jpg

Pelaut pelaut jaman dahulu menggunakan bintang, angin dan garis pantai untuk berlayar

B. Tahun 1.000 Masehi.Orang pertama di Eropa, Leif Eriksson dari Islandia menjadi orang Eropa pertama yang berlayar ke Amerika utara dengan panduan navigasi bintang.


Tahun 1.200 Masehi.Kompas pertama mulai muncul di Eropa, penemuan ini sendiri belum jelas sumbernya, apakah merupakan penemuan asli orang orang Eropa atau merupakan Import teknologi dari China.

http://3.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLuBuLXi-I/AAAAAAAABTc/LN8SzM_SCTM/s1600/compas.jpg
Gambar sebuah kompas kuno

D. Tahun 1.400-1.500 Masehi, Navigasi berdasarkan bintang menggunakan Astrolobe dan Jacob Staff, garis Latitude bisa ditentukan dengan akurat, namun posisi dalam arah timur-barat (longitude) hanya dapat di prediksi saja. Pada masa ini navigasi telah berkembang dan menjadi ilmu pengetahuan, Heinrich the Sailor salah seorang anggota keluarga kerajaan Portugis, berkontribusi dalam pendirian Escola Nautica yaitu sebuah sekolah pelaut pertama di Eropa.

http://1.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLuxJ3g3uI/AAAAAAAABTg/-DKy683do-4/s320/rinto7.jpg
Sebuah Astrolobe kuno yang ditemukan di Baghdad Iraq

E. Tahun 1731.Pada masa ini orang orang mulai mengenal Octant (penerus Sextant), sebuah alat yang ditemukan oleh John Hadley, seorang ahli matematika dan astronomi dimana pada penemuan ini garis latitude dapat di prediksi beberapa Kilometer lebih akurat.

http://2.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLvWb0p5FI/AAAAAAAABTk/Ty7eWw9gUVQ/s280/300px-Marine_sextant.svg.png
gambar sebuah perangkat Sextant

F. Tahun 1735 nah di masa inilah muncul sebuah alat bernama Chronometer yang dibuat oleh John Horisson yang membuat satu dari empat jam dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi yang menanmpilkan waktu home port dan dapat menentukan garis latitude melalui perbedaan waktu.

http://4.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLv5Fz3B5I/AAAAAAAABTo/IfQNVYxgWKw/s1600/200px-Harrison%27s_Chronometer_H5.JPG
Inilah wujud Chronometer buatan Horrison


G. Tahun 1941, seorang peneliti asal Jerman yaitu Siegfried Reisch mengembangkan prinsip prinsip inertial navigation yang menghitung perubahan lokasi relatif berdasarkan akselerasi.

http://2.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLwfkpcPfI/AAAAAAAABTs/cptXcewk7zM/s320/Global%20positioning.jpg

H. Tahun 1978. Satelit pertama GPS diluncurkan oleh Amerika untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan (defence) melakukan project NAVSTAR ( yg merupakan cikal bakal GPS) yang pada tahun tahun berikutnya GPS secara resmi di aplikasi kan untuk keperluan sipil (1983).

http://2.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLxRWVu9rI/AAAAAAAABTw/eElpcRseiOk/s320/gps_navigational_satellites.jpg

I. Tahun 1990. Mistubishi dan Pioneer secara terpisah memperkenalkan navigasi GPS pertama di dunia yang di aplikasikan dalam perangkat untuk sebuah mobil.

http://3.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLxv4cNseI/AAAAAAAABT0/L9eDYxk2gXY/s280/mitsubishi_3d_touch_panel_1.jpg

J. Tahun 2001. Galileo Project di mulai, Uni Eropa berencana untuk membangun sebuah sistem navigasi satelit sendiri yang bakal selesai pada tahun 2013. Sistem yang disebut "Galileo" ini sendiri akan kompetibel dengan GPS.

K. Tahun 2005. Setelah mouse navigasi berbasis GPS untuk
Notebook dan PDA, akhirnya perangkat navigasi untuk mobile di luncurkan ke pasaran.

L. Tahun 2007. Era navigasi dalam genggaman.yah pada era ini, Navigasi bukan merupakan sesuatu yang rumit pada sebuah perangkat, namun hadir dalam genggaman berupa telepon seluler. Nokia konon merupakan merk vendor pertama yang mengaplikasikan perangkat navigasi ke dalam genggaman, dan di hadirkan dalam Ponsel Nokia N95

http://1.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SzLybrXnEiI/AAAAAAAABT4/SpDGzYM_7dU/s320/Xao8RLzwtg.JPG
itulah tadi urutan perkembangan navigasi dari waktu ke waktu hingga sampai pada Era ini dimana perangkat navigasi sudah begitu akrab dipakai oleh tiap lapisan masyarakat.

TAMBAHAN :
Navigasi penerbangan adalah proses mengarahkan gerak pesawat udara dari satu titik ke titik yang lain dengan selamat dan lancar untuk menghindari bahaya dan/atau rintangan penerbangan.[1]

Tujuan Navigasi Penerbangan

Navigasi penerbangan mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.     Terwujudnya penyediaan jasa pelayanan navigasi penerbangan sesuai dengan standar yang berlaku;
2.     Terwujudnya efisiensi penerbangan; dan
3.     Terwujudnya suatu jaringan pelayanan navigasi penerbangan secara terpadu, serasi, dan harmonis dalam lingkup nasional, regional, dan internasional.

Jenis Pelayanan Navigasi Penerbangan

Jenis pelayanan navigasi penerbangan menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan adalah:
1.     Pelayanan lalu lintas penerbangan (air traffic services);
2.     Pelayanan telekomunikasi penerbangan (aeronautical telecommunication services);
3.     Pelayanan informasi aeronautika (aeronautical information services);
4.     pelayanan informasi meteorologi penerbangan (aeronautical meteorological services); dan
5.     Pelayanan informasi pencarian dan pertolongan (search and rescue).




KESIMPULAN

            Ilmu pengetahuan saat ini mengalami perkembangan yang pesat, perkembangan tersebut mulai dari perkembagan pola pikir manusia hingga manusia mampu menciptakan suatu alat yang dapat digunakan untuk memudahkan kerja manusia dan mampu menggantikan peran manusia.

       Hasil dari pemikiran manusia ini memungkinkan manusia untuk menemukan terobosan baru dalam bidang ilmu pengetahuan, salah satu ilmu pengetahuan yang diciptakan dari hasil pemikiran manusia adalah penemuan mengenai alat navigasi.

       Pengertian dari alat navigasi adalah sebuah alat yang digunakan untuk menentukan arah dalam dunia maretime, selain itunavigasi tidak akan berkembang tanpa adanya teknologi yang diciptakan manusia Teknologi sendiri berkembang secara universal dalam artefak sejarah menunjukkan perkembangan teknologi yang intensif telah terjadi ribuan tahun yang lalu, perkembangan sains dan teknologi sendiri mengikuti evolusi struktur.
            Teknologi navigsi dikembangkan oleh manusia dari yang pada awalnya manusia menggunakan ilmu perbitangan kemudian berlanjut menjadi alat seperti kompas kemudian seiring perkembagnan zaman manusia menciptakan peta, radar dan GPS.
      
       Navigasi dibedakan menjadi navigasi darat, navigasi udara dan navigasi laut. Prinsip kerja Navigasi darat adalah cara menentukan arah dan posisi, yaitu arah yang akan dituju dan posisi keberadaan navigator berada di  medan sebenarnya yang diproyeksikan pada peta, Kompas, serta GPS.

       Kemudian Navigasi laut adalah sejumlah teknik dan peralatan yang digunakan dalam melakukan perjalanan atau aktivitas di laut, navigasi yang banyak dipakai dalam perjalanan di laut adalah kompas, peta dan GPS.Laut merupakan tempat trasportasi yang sangat popular pada masa abad pertengahan, yakni antara abad ke-15 sampai abad ke-16. Selain itu navigasi udara juga menggunakan GPS dan radar sebagai alat navigasi, alat ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi alat trasnportasi udara karena trasportasi udara tanpa adanya alat navigasi GPS dan radar maka trasnportsi itu tidak akan bisa untuk digunakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar